Home
Our Company
       Overview
          Indofood at a Glance
          Vision, Mission & Values
          Our History
          Accolades & Certification
       Management
          Boards of Directors
          Board of Commisioners
       Committees
Our Business
       Consumer Branded Products
          Noodles
          Dairy
          Food Seasonings
          Snack Foods
          Nutrition & Special Foods
          Packaging
          International
       Bogasari
       Agribusiness
          Plantations
          Edible Oils & Fats
       Distribution
Our Products
       Noodles
       Dairy
       Food Seasonings
       Snack Foods
       Nutrition and Special Foods
       Edible Oils and Fats
       Flour
       Pasta
Investor Relations
       Press Releases
       Announcements
       Quarterly Financial Statement
       Annual Report
       Quarterly Analysis
       Share Price
Media Community
       Latest News
       Events
       Recipe Corner
       New Product Launch
CSR
Human Resources & Career
       Overview
       Job Opportunity
Contact Us

Press Releases

  • Penjualan neto konsolidasi tumbuh sebesar 8,7% menjadi Rp12,86 triliun
  • Laba usaha turun 24,8% menjadi Rp1,34 triliun
  • Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun 11,4% menjadi Rp722,4 miliar
  • Laba per saham menjadi Rp82

Jakarta, 30 April 2013 – PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood” atau “Perseroan”) pada hari ini mengumumkan kinerja keuangan untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2013. Indofood mencatatkan penjualan neto konsolidasi sebesar Rp12,86 triliun, meningkat 8,7% dari Rp11,83 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Dalam hal kontribusi terhadap penjualan neto konsolidasi, Grup Produk Konsumen Bermerek (“CBP”) memberikan kontribusi sekitar 45%, sedangkan Bogasari, Agribisnis dan Distribusi masing-masing memberikan kontribusi sebesar 26%, 21% dan 8%. 

Total nilai penjualan Grup CBP yang terutama terdiri dari Divisi Mi Instan, Dairy, Makanan Ringan, Penyedap Makanan dan Nutrisi & Makanan Khusus bertumbuh 10,9%, terutama didorong oleh pertumbuhan volume penjualan di seluruh divisi dalam Grup. Grup Bogasari mencatatkan kenaikan total nilai penjualan sebesar 13,3% terutama disebabkan oleh kenaikan harga jual rata-rata dan volume penjualan. Meski volume penjualan CPO dan gula meningkat,  Grup Agribisnis mencatatkan penurunan total nilai penjualan sebesar 3,1% karena penurunan harga jual rata-rata produk kelapa sawit dan karet serta penurunan penjualan produk minyak dan lemak nabati. Grup Distribusi mencatatkan pertumbuhan total nilai penjualan sebesar 10,4%, terutama karena peningkatan penjualan Grup CBP.

Laba bruto turun 5,1% menjadi Rp3,11 triliun dibandingkan Rp3,27 triliun pada kwartal pertama tahun lalu, dan marjin laba bruto turun menjadi 24,2% dari 27,7%, terutama karena turunnya kinerja Grup Agribisnis. Laba usaha  turun 24,8%  menjadi Rp1,34 triliun dari Rp1,78 triliun,  sedangkan  marjin  laba  usaha turun menjadi 10,4% dari 15,0% karena penurunan laba bruto dan beban biaya operasional yang meningkat. Termasuk kontribusi laba atas penyertaan saham di China Minzhong Food Corporation Limited, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun 11,4% menjadi Rp722,4 miliar dari Rp815,0 miliar; marjin laba bersih turun menjadi 5,6% dari 6,9%. Core profit menurun 7,6% menjadi Rp744,0 miliar dari Rp805,6 miliar pada periode yang sama tahun lalu. 

Anthoni Salim, Direktur Utama dan Chief Executive Officer Indofood, mengatakan: “Pencapaian hasil kuartal pertama kami sangat dipengaruhi oleh turunnya kinerja Grup Agribisnis, sebagai akibat turunnya harga CPO dan karet, serta beban yang lebih tinggi. Peningkatan kinerja Grup CBP dan Bogasari, serta kontribusi dari penyertaan kami di China Minzhong Food Corporation Limited membantu mengurangi dampak penurunan kinerja Grup Agribisnis. Kami tetap berkomitmen dan fokus untuk terus mempertahankan pertumbuhan serta meningkatkan nilai perusahaan ke depannya, dengan senantiasa menyesuaikan strategi secara dinamis dan memanfaatkan kekuatan model bisnis kami.” 

--- Selesai---

Tentang PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood”) (BEI : INDF) adalah perusahaan Total Food Solutions yang terkemuka dengan kegiatan operasi yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. 

Indofood mengoperasikan empat Kelompok Usaha Strategis (“Grup”) yang saling melengkapi:
  • Produk Konsumen Bermerek (“CBP”). Kegiatan usahanya dilaksanakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“ICBP”) yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (“BEI”) sejak tanggal 7 Oktober 2010. ICBP merupakan salah satu produsen makanan dalam kemasan yang terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai jenis produk makanan dalam kemasan. Berbagai merek ICBP merupakan merek-merek yang terkemuka dan dikenal di Indonesia untuk makanan dalam kemasan.
  • Bogasari, memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta. Kegiatan usaha Grup ini didukung oleh unit perkapalan dan kemasan.
  • Agribisnis. Kegiatan operasional di bidang agribisnis dijalankan oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk, dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk yang sahamnya tercatat di BEI, serta merupakan anak perusahaan Indofood Agri Resources Ltd. yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Singapura. Kegiatan usaha utama Grup ini meliputi penelitian dan pengembangan, pembibitan, pemuliaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran minyak goreng, margarin dan shortening bermerek. Di samping itu, kegiatan usaha Grup ini juga mencakup pemuliaan dan pengolahan karet, tebu serta tanaman lainnya.
  • Distribusi, memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia. Grup ini mendistribusikan hampir seluruh produk konsumen Indofood dan anak-anak perusahaannya serta berbagai produk pihak ketiga.


Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Werianty Setiawan
Direktur & Corporate Secretary
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Tel : +62 21 5795 8822 ext. 1215
Fax: +62 21 5793 7373
Email: werianty@indofood.co.id


 
  Share Price Graphic

INDF 7075 (as of 25/07/2014)
Change 0 (18/07/2013 - 25/07/2014)
Volume 1.404.821.200 (until 25/07/2014)
Weekly Update : 25 Juli 2014


Contact Investor Relations
Contact Us - Investor Relations :
  Clara Suraya
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
P : (+62-21) 5795 8822
F : (+62-21) 5793 7373
E : clara.suraya@icbp.indofood.co.id

 
Contact Us - Corporate Secretary:
  Gideon A. Putro
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
P : (+62-21) 5795 8822
F : (+62-21) 5793 7373
E : gideon.putro@indofood.co.id
 

 

PT Indofood Sukses Makmur Tbk