PENJELASAN AGENDA
RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN
DAN RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA
PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk

Sehubungan dengan rencana penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Perseroan“) yang akan diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 8 Mei 2015, berikut penjelasan masing-masing agenda yang akan dibahas:

RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN PERSEROAN

Agenda pertama
Penerimaan dan persetujuan laporan tahunan Direksi mengenai kegiatan usaha dan kinerja keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014.

Direksi Perseroan akan menyampaikan laporan tahunan mengenai kegiatan usaha dan kinerja keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014 untuk dimintakan persetujuan RUPST.
Laporan tahunan telah tersedia di kantor Perseroan dan dapat diakses melalui situs web Perseroan.

Klik di sini untuk mengunduh.

Agenda kedua
Pengesahan Neraca serta Perhitungan Laba - Rugi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014.

Direksi Perseroan akan mengajukan usul kepada RUPST untuk menyetujui dan mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan termasuk Neraca dan Perhitungan Laba-Rugi untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik “Purwantono, Suherman & Surja” dengan opini wajar tanpa pengecualian, sebagaimana diuraikan dalam Laporan No. RPC-7035/PSS/2015 tanggal 12 Maret 2015, yang disajikan dalam dan merupakan bagian dari laporan tahunan Perseroan seperti tersebut di atas.

Agenda ketiga
Penetapan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014.

Direksi Perseroan akan mengajukan kepada RUPST usulan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014.

Agenda keempat
Perubahan Pengurus Perseroan.

Sehubungan dengan telah berakhirnya masa jabatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan pada penutupan RUPST Perseroan di tahun 2015 ini, maka Direksi akan menyampaikan kepada RUPST usulan dari komite nominasi dan remunerasi Perseroan untuk pengangkatan anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris yang baru.
Daftar riwayat singkat anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris yang baru tersedia di kantor Perseroan dan dapat diakses melalui situs web Perseroan.

Bapak Manuel V. Pangilinan menjabat sebagai Komisaris Utama Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST pada tahun 1999 dan diangkat kembali pada tahun 2004, 2009 dan 2012. Beliau juga menjabat sebagai Managing Director dan Chief Executive Officer di First Pacific Company Limited (“First Pacific”) dan Chairman Philippine Long Distance Telephone Company (“PLDT”), Metro Pacific Investments Corporation (“MPIC”), Manila Electric Company (Meralco), ePLDT Inc., Smart Communications Inc., PLDT Communications and Energy Ventures Inc. (sebelumnya bernama Pilipino Telephone Corporation), Maynilad Water Services Inc., Metro Pacific Tollways Corporation, Manila North Tollways Corporation, Philex Mining Corporation, Philex Petroleum Corporation, Landco Pacific Corporation, Medical Doctors Inc. (Makati Medical Center), Davao Doctors Inc., dan Colinas Verdes Corporation (Cardinal Santos Medical Center), Mediaquest Holdings Inc., dan Associated Broadcasting Corporation (TV 5), serta Vice Chairman of Roxas Holding, Inc.
Bapak Pangilinan merupakan Chairman Philippine Business for Social Progress, PLDT-Smart Foundation Inc., One Meralco Foundation Inc., Philippine Disaster Recovery Foundation, dan Direktur Philippine Business for Education di samping sebagai Chairman dari Board of Trustees of San Beda College serta Holy Angel University di Panganga. Beliau pernah menjadi Chairman di Board of Trustees of the Ateneo de Manila University dan juga anggota Board of Overseers of the Wharton School, University of Pennsylvania.
Bapak Manuel Pangilinan memperoleh gelar Bachelor of Arts dari Ateneo de Manila University, Fillipina dan gelar Master di bidang Business Administration dari Wharton School, the University of Pennsylvania, AS.

Bapak Benny S. Santoso diangkat menjadi Komisaris Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2004 dan diangkat kembali pada tahun 2009 dan 2012, serta duduk sebagai Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama ICBP, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, dan PT Indoritel Makmur Internasional Tbk; Komisaris PT Fast Food Indonesia Tbk dan PT Bumi Serpong Damai Tbk; Direktur PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk; Non-Executive Director First Pacific; serta anggota Dewan Penasihat PLDT di Filipina.
Bapak Benny S. Santoso menyelesaikan pendidikannya di Ngee Ann College, Singapura.

Bapak Edward A. Tortorici menjabat sebagai Komisaris Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2001 dan diangkat kembali pada tahun 2004, 2009 dan 2012. Beliau menjabat sebagai Executive Director First Pacific; Direktur MPIC, Philex Mining Corporation, FPM Power Holdings Limited, FEC Resources Inc. of Canada, and the AIM-listed Forum Energy Plc. Beliau merupakan pendiri EA Edwards Associates, sebuah perusahaan internasional yang bergerak dalam bidang manajemen dan konsultasi dengan kantor perwakilan di AS, Eropa dan Timur Tengah.
Bapak Tortorici juga menjabat sebagai Trustee of the Asia Society Philippines; penasihat Idea Space Foundation dan Direktur Jeti Investments, LLC. Beliau merupakan anggota Dewan Penasihat the Southeast Asia Division of the Center for Strategic and International Studies, sebuah lembaga penasihat (think-tank) non partisan dari Washington D.C., dan menjabat sebagai Komisaris dari the US-ASEAN Strategy Commission. Beliau telah menjabat berbagai posisi senior dan eksekutif, diantaranya sebagai Corporate Vice President di Crocker Bank, serta sebagai Managing Director di Olivetti Corporation of America dan Fairchild Semiconductor Corporation.
Bapak Tortorici memperoleh gelar Bachelor of Science dari New York University dan Master of Science dari Fairfield University.

Bapak Robert Charles Nicholson diangkat sebagai Komisaris Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2004 dan diangkat kembali pada tahun 2009 dan 2012. Beliau juga menjabat sebagai Executive Director First Pacific; Executive Chairman Forum Energy Plc; Chairman Goodman Fielder Limited; Direktur pada MPIC, Philex Mining Corporation dan Philex Petroleum Corporation; dan Independent Non-Executive Director dari Pacific Basin Shipping Limited dan Lifestyle Properties Development Limited. Sebelumnya beliau adalah senior partner dari Reed Smith Richards Butler serta sebagai senior advisor Direksi PCCW Limited.
Bapak Nicholson adalah lulusan dari University of Kent dan memenuhi kualifikasi sebagai solicitor di England, Wales dan Hong Kong.

Bapak Graham L. Pickles diangkat sebagai Komisaris Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2005 dan diangkat kembali pada tahun 2009 dan 2012. Bapak Graham Pickles juga menjabat sebagai Independent Non-Executive Director First Pacific. Sebelumnya, beliau adalah CEO dari Tech Pacific Holdings Limited, dan anggota Executive Committee dari Hagemeyer N.V.
Bapak Graham Pickles meraih gelar Bachelor of Business di bidang akuntansi.

Bapak Utomo Josodirdjo diangkat pertama kali sebagai Komisaris Independen Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2004 dan diangkat kembali pada tahun 2009 dan 2012. Beliau merupakan pendiri SGV Utomo (sekarang dikenal sebagai Prasetio, Sarwoko & Sandjaja), perusahaan akuntan, pajak dan konsultan bisnis terbesar di Indonesia. Bapak Utomo Josodirjo sebelumnya menjabat sebagai Komisaris PT Karabha Unggul, penasihat di International Finance Corporation World Bank Group dan ING Bank di Indonesia. Bapak Utomo Josodirdjo telah menjabat sebagai anggota Dewan Internasional World Vision International dan saat ini merupakan anggota Dewan World Vision Indonesia. Beliau merupakan salah satu pendiri President University di Jakarta.
Beliau meraih gelar Doktorandus di bidang Ekonomi Perusahaan dari Nederlandse Economische Hogeschool, Rotterdam, Belanda dan di bidang akuntansi dari Universitas Indonesia. Beliau juga telah mengikuti program Advanced Management Program dari Harvard Business School.

Bapak Bambang Subianto, Warga Negara Indonesia, lahir di Madiun - Jawa Timur, pada tanggal 10 Januari 1945.
Saat ini Bapak Bambang Subianto menjabat sebagai Komisaris Independen PT Indoritel Makmur Internasional Tbk., dan PT Unilever Indonesia Tbk., namun beliau telah mengajukan pengunduran diri selaku Komisaris Independen PT Unilever Indonesia Tbk., pada awal tahun 2015.
Sebelum menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia mulai Mei1998 sampai dengan Oktober 1999, beliau menjabat sebagai Direktur Jendral Lembaga Keuangan di Departmen Keuangan Republik Indonesia dari Agustus 1992 sampai dengan April 1998. Beliau juga pernah menjadi Komisaris Utama PT Kliring Deposit Efek Indonesia, PT Bursa Efek Surabaya, PT Telkom Tbk., PT Apexindo Pratama Duta Tbk., dan PT Jamsostek.
Beliau menyelesaikan Strata-1 dalam bidang Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1973, serta meraih gelar Master of Business Administration di bidang Finance & Business Economic pada tahun 1981 dan Doktor Ekonomi di bidang Industrial Organization pada tahun 1984 dari Universitas Katholik Leuven, di Belgia.

Bapak Adi Pranoto Leman saat ini duduk sebagai Komisaris Independen PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Saat ini, beliau menjabat sebagai Chairman PT Infinity Capital dan Komisaris Independen PT Indoritel Sukses Internastional Tbk. Beliau pernah menjabat sebagai Partner di Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sarwoko & Sandjaja dari tahun 2002 hingga 2007, Ketua Komite Standar Profesional Akuntan Publik dan Ketua Bidang Pendidikan dan Training IAI-KAP.
Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi bidang Akuntansi dari Universitas Airlangga, Surabaya.

Bapak Anthoni Salim diangkat sebagai Direktur Utama dan Chief Executive Officer Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2004 dan diangkat kembali pada tahun 2009 dan 2012. Beliau duduk sebagai anggota Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan. Beliau juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Chairman dari First Pacific, Wakil Presiden Komisaris PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia, Komisaris Utama PT Fast Food Indonesia Tbk serta President dan Chief Executive Officer Grup Salim.
Bapak Anthoni Salim memperoleh gelar Bachelor of Arts di bidang Bisnis dari Ewell County Technical College di Surrey, Inggris.

Bapak Franciscus Welirang diangkat sebagai Direktur Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST pada tahun 1995 dan diangkat kembali pada tahun 1999, 2004, 2009 dan 2012. Beliau bertanggung jawab memimpin Grup Bogasari. Beliau juga menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Komisaris Utama PT PP London Sumatra Indonesia Tbk, PT Inti Abadi Kemasindo dan PT Samudera Sukses Makmur, Komisaris PT Salim Ivomas Pratama Tbk, PT Pondok Indah Padang Golf Tbk, PT Damai Indah Golf Tbk dan PT Unggul Indah Cahaya Tbk, Ketua Umum Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia dan Asosiasi Emiten Indonesia, Ketua Komite Tetap Ketahanan Pangan Kadin Indonesia, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia, Anggota Direksi The Nature Conservancy Indonesia, Anggota National Steering Committee Global Environment Fund dan anggota Dewan Penasihat Asosiasi Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia. Beliau juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama Bursa Efek Surabaya dan Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional.
Bapak Franciscus Welirang meraih gelar Diploma dalam bidang Chemical Engineering dari South Bank Polytechnic di London, Inggris.

Bapak Thomas Tjhie pertama kali diangkat menjadi Direktur Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2004 dan diangkat kembali pada tahun 2009 dan 2012. Beliau juga menjadi anggota Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan. Selain itu, beliau menjabat sebagai Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk, Direktur Utama PT Indofood Asahi Sukses Beverage, Non-Executive Director IndoAgri, Komisaris Utama PT Salim Ivomas Pratama Tbk, PT Indofood Fritolay makmur dan PT Inti Abadi Kemasindo. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur PT Indomiwon Citra Inti dan Senior Executive PT Kitadin Coal Mining.
Bapak Thomas Tjhie meraih gelar Sarjana dalam bidang Akuntansi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Jakarta.

Bapak Darmawan Sarsito pertama kali diangkat sebagai Direktur Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2004 dan diangkat kembali pada tahun 2009 dan 2012. Sebelum bergabung dengan Indofood, beliau menjabat posisi manajerial di beberapa perusahaan jasa keuangan dan manajemen.
Bapak Darmawan Sarsito meraih gelar Bachelor of Science dari University of California, Berkeley, California, dan gelar Master of Business Administration dari San Francisco State University, California.

Bapak Taufik Wiraatmadja pertama kali diangkat sebagai Direktur Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2004 dan diangkat kembali pada tahun 2009 dan 2012. Beliau juga menjabat sebagai Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dan mengepalai Divisi Mi Instan, Komisaris Utama PT Surya Rengo Containers, Direktur Utama Indolakto dan Direktur Indofood (M) Food Industries Sdn. Bhd.
Beliau meraih gelar Sarjana dalam bidang Teknologi Pertanian dari Institut Pertanian Bogor dan memperoleh gelar Master of Business Administration dari GS Fame Institute of Business di Jakarta.

Bapak Paulus Moleonoto pertama kali diangkat menjadi Direktur Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST pada tahun 2009 dan diangkat kembali pada tahun 2012. Saat ini beliau menjabat sebagai Executive Director dan Head of Finance & Corporate Services IndoAgri; Wakil Direktur Utama PT Salim Ivomas Pratama Tbk; Wakil Direktur Utama I PT PP London Sumatra Indonesia Tbk; dan Komisaris PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Beliau memulai karirnya pada tahun 1984 di sebuah perusahaan akuntan publik Drs. Hans Kartikahadi & Rekan di Jakarta. Bapak Paulus juga merupakan akuntan terdaftar di Indonesia. Sebelum bergabung dengan Divisi Perkebunan dari Grup Indofood sebagai Chief Financial Officer, beliau menjabat berbagai posisi manajemen di Salim Plantations Group.
Beliau meraih gelar Sarjana di bidang Akuntansi dari Universitas Tarumanagara, dan meraih gelar Sarjana di bidang Manajemen dan Magister Sains bidang Kebijakan Bisnis dan Administrasi dari Universitas Indonesia.

Bapak Axton Salim pertama kali diangkat menjadi Direktur Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2009 dan diangkat kembali pada tahun 2012. Beliau juga menjabat sebagai Direktur ICBP dan mengepalai Divisi Dairy; Pacsari Pte. Ltd. dan PT Indofood Asahi Sukses Beverage; Non-Executive Director IndoAgri; Wakil Direktur Utama I Indolakto; serta Komisaris PT Salim Ivomas Pratama Tbk, PT PP London Sumatra Indonesia Tbk dan PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia. Beliau juga duduk sebagai Co-chair SUN Business Network Advisory Group.
Bapak Axton Salim meraih gelar Bachelor of Science in Business Administration dari University of Colorado, AS.

Ibu Werianty Setiawan pertama kali diangkat menjadi Direktur Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2009 dan diangkat kembali pada tahun 2012. Beliau menjabat sebagai Corporate Secretary dan Kepala Divisi Investor Relations. Beliau juga menjabat sebagai Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Komisaris PT Indofood Fritolay Makmur, PT Surya Rengo Containers, PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia, Indolakto, PT PP London Sumatra Indonesia Tbk, dan PT Inti Abadi Kemasindo. Sebelum bergabung dengan Indofood, beliau pernah menjabat sebagai VP Treasury Marketing Chase Manhattan Bank N.A., Jakarta, Finance Director SCTV, serta Managing Director di berbagai perusahan sekuritas termasuk PT Natura Pacific Sekuritas, PT Danpac Sekuritas dan PT Victoria Kapitalindo International Sekuritas, serta Komisaris PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk.
Ibu Werianty meraih gelar Bachelor of Science in Accounting dari San Francisco State University, California AS.

Bapak Joseph Bataona pertama kali diangkat menjadi Direktur Indofood berdasarkan hasil keputusan RUPST Perseroan pada tahun 2013. Beliau juga menjabat sebagai Kepala Divisi Corporate Human Resources. Sebelum bergabung dengan Indofood beliau menjabat sebagai Human Resources Director pada di PT Unilever Indonesia Tbk dan PT Danamon Indonesia Tbk.
Bapak Joseph Bataona meraih gelar Sarjana di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dari Universitas Atma Jaya Jakarta.

Bapak Joedianto Soejonopoetro, Warga Negara Indonesia, lahir di Semarang – Jawa Tengah, pada tanggal 29 Oktober 1958.
Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Indomarco Adiprima, anak perusahaan Indofood yang bergerak di bidang distribusi.
Beliau meraih gelar sarjana ekonomi di bidang Manajemen dari Universitas Khatolik Parahyangan pada tahun 1984.

Agenda kelima
Penetapan besarnya remunerasi untuk semua anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Direksi Perseroan akan menyampaikan usulan dari komite nominasi dan remunerasi Perseroan kepada RUPST untuk penetapan besarnya total jumlah remunerasi yang akan dibayarkan oleh Perseroan kepada anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang berlaku terhitung sejak tanggal 1 Januari 2015 sampai dengan tanggal 31 Desember 2015.

Agenda keenam
Penunjukan Akuntan Publik dan pemberian wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan jumlah honorarium Akuntan Publik serta persyaratan lainnya.

Direksi Perseroan akan mengusulkan kepada RUPST untuk menunjuk kembali Kantor Akuntan Publik “Purwantono, Suherman & Surja” untuk melakukan audit atas laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015 serta memberikan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan jumlah honorarium Kantor Akuntan Publik tersebut beserta persyaratan lainnya.

RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA PERSEROAN

Agenda
Perubahan seluruh ketentuan anggaran dasar Perseroan guna disesuaikan dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Direksi Perseroan akan mengusulkan kepada RUPSLB perubahan seluruh ketentuan anggaran dasar Perseroan untuk disesuaikan dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
Draft usulan perubahan seluruh ketentuan anggaran dasar Perseroan dapat diakses melalui situs web Perseroan.

Klik di sini untuk mengunduh